Kamis, 23 April 2015

Bahaya Menggunakan Make Up Berlebihan

Bahaya Menggunakan Make Up Berlebihan, Dijaman seperti sekarang siapa sih yang tidak tau make up, bahkan sekarang make up tidak hanya digunakan oleh kaum wanita saja, beberapa kaum pria menggunakan make up untuk membuat wajah terlihat lebih putih serta tidak tampak berminyak. Saking inginnya mendapatkan penampilan yang terlihat lebih menarik kita sering kali berlomba-lomba belajar menggunakan make up agar mampu meningkatkan penampilan sehingga akan lebih banyak mata yang tertuju ke kita nantinya. Rela meronggoh kocek yang lumayan besar untuk membeli produk make up, namun apakah make up yang kita gunakan memberikan dampak yang baik pada kesehatan kita?

Bahaya Make Up Berlebihan

Beberapa studi dilakukan untuk mempelajari dampak dari make up yang biasa kita gunakan sehari-hari, dan ternyata hasilnya sungguh mengejutkan sekali. Ternyata kandungan kimia pada make up mampu mempengaruhi kinerja hormon di tubuh kita, yang mana secara perlahan bisa berdampak buruk. Apalagi jika sampai make up yang kita gunakan mengandung merkuri, ini akan sangat merusak wajah dan berbahaya bagi kesehatan. Sudah seharusnya kita tau apa saja yang terkandung dalam make up yang kita gunakan dan apa bahayanya bagi kesehatan nantinya.

Kita harus memperhatikan produk kecantikan yang kita gunakan, dan sebaiknya kita menggunakan make up yang berbahan dasar alami serta organik agar terhindar dari dampak bahan kimia itu sendiri. Produk make up yang mengandung bahan kimia bisa dengan mudah terserap oleh pori-pori kulit kita dan tercampur dalam peredaran darah kita, yang tentu saja akan berbaya bagi kesehatan jika terlalu banyak mendapat asupan bahan kimia berbahaya. Berbeda dengan lipstik yang mana jika tertelan bisa diminimalisir kandungan berbahayanya oleh lambung. Menjaga kandungan make up yang kita gunakan akan sangat membantu mengurangi dampak yang bisa diakibatkan jika sampai terserap oleh kulit.

Beberapa dampak buruk yang bisa terjadi jika menggunakan make up secara berlebih serta mengandung zat kimia berbahaya pada kesehatan :

   1. Memiliki resiko kanker yang lebih besar

Kandungan kimia pada make up yang terserap oleh kulit wajah bisa membuat racun-racun ini terdistribusi ke seluruh tubuh melalui darah. Zat kimia ini bisa merangsang tumbuhnya sel kanker dalam tubuh lebih cepat, tentu ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika terus berlanjut.

   2. Merusak kesehatan wajah

Kandungan kimia pada make up bisa membuat wajah mengalami iritasi, adanya rasa gatal yang tidak wajar. Menggunakan make up juga akan membuat pori-pori wajah kita tertutup secara disengaja. Terus apa bahayanya jika make up menutup pori-pori kulit? Pori-pori kulit yang tertutup akan sama dampaknya dengan wajah yang kotor karena debu, yang mana debu juga menutup pori-pori dan merangsang pertumbuhan jerawat pada wajah. Tentu akan menjadi masalah jika kita sangat jarang membersihkan wajah setelah menggunakan make up, karena jerawat akan sangat mudah tumbuh jika pori-pori kulit terlalu sering tertutup make up. Yang awalnya ingin tampil menarik, bisa jadi malah membuat wajah kita banyak jerawat dan tentu akan membuat kita minder nantinya, jadi selalu ingat tidak menggunakan make up terlalu lama dan membersihkannya dengan benar saat menggunakan make up.

   3. Mengakibatkan pusing serta peraradan pada hidung

Beberapa make up mengandung bahan kimia yang memberikan bau agar lebih menarik tentunya, dan dalam beberapa kasus bahan kimia yang ditambahkan tidak baik bagi kesehatan. Bahan kimia berupa wewangian ini jika terhirup bisa mengakibatkan pusing serta sakit kepala dan peradangan pada hingung. Orang yang peka akan sangat mudah merasakan pening saat menghirup harumnya make up yang digunakan, tentu ini akan berbahaya jika terlalu sering terhirup.

   4. Kulit menjadi kering

Tak hanya pada make up untuk wajah, beberapa produk kecantikan untuk kulitpun ternyata bisa membuat kulit malah menjadi kering serta membuatnya kasar. Kulit yang kering akan sangat rentan kemasukan kotoran karena tidak ada perlindungan dari kulit itu sendiri, yang mana kotoran ini bisa terserap juga kedalam tubuh melalui kulit kita.

   5. Penuaan dini pada wajah

Penggunaan make up berlebih pada wajah bisa mengakibatkan wajah menyerap terlalu banyak zat kimia yang tidak baik bagi kesehatan sel-sel kulit pada wajah. Penyerapan bahan kimia berbahaya bisa berakibat terganggunya proses pembentukan sel kulit baru yang membuat adanya beberapa tanda-tanda penuaan yang lebih cepat terlihat pada wajah, cantik tetapi terlihat lebih tua tentu tidak diinginkan oleh semua wanita.

   6. Berbahaya jika digunakan oleh anak-anak

Anak-anak yang mempunyai sistem tubuh yang lebih mudah menyerap nutrisi ini bisa sangat berbahaya jika sudah menggunakan make up. Menggunakan make up pada anak-anak akan sangat berbahaya karena wajah anak jauh lebih sensitif dan lebih rentan terkena iritasi dari make up itu sendiri.


Jika kita ingin tampil menarik tentu harus melihat efek samping dari apa yang akan kita pergunakan pada wajah, ingatlah selalu untuk mengecek kandungan produk make up yang nantinya akan kita oleskan agar tidak menyesal dikemudian hari. Karena kandungan kimia berbahaya pada make up tidak bereaksi secara cepat, namun mengendap perlahan-lahan dan merusak dari dalam tubuh secara pasti. Ingin tampil cantik tentu harus cerdas dan kritis menggunakan make up :)
 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger