Jumat, 17 April 2015

Obat Asam Urat

Obat Asam Urat, Mendengar kata asam urat pasti yang terbayang adalah rasa sakit pada bagian persendian yang dalam beberapa kasus bisa menghasilkan rasa sakit yang luar biasa. Rasa sakit ini kadang membuat seseorang bahkan tidak mampu berjalan, ada warna kemerahan juga pada kulit, bahkan sering kali adanya pembengkakan pada area persendian yang tertumpuk asam urat. Rasa sakit ini pula yang membuat seseorang mencari obat asam urat di internet baik itu yang herbal maupun obat kimia, namun pertama-tama cobalah untuk mengetahui apa itu asam urat sebenarnya dan apa yang bisa menekan kadar asam urat.

Obat Asam Urat

Asam urat pada tubuh apakah bermanfaat? Banyak sekali orang yang mendengar asam urat itu hanya sebagai sebuah penyakit, tetapi apakah asam urat ini sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh tidak pernah menjadi sebuah pertanyaan, namun ini sangat penting berhubung banyak makanan baik yang terbuat dari daging maupun sayuran ternyata mengandung asam urat. Sebenarnya asam urat itu terbentuk dari protein purin pada makanan yang diproses dalam tubuh menjadi asam urat, dan asam urat ini sangatlah banyak manfaatnya untuk tubuh. Asam urat didalam tubuh berguna sebagai antioksidan tubuh yang mana nantinya akan meremajakan sel-sel, menjaga tubuh dari radikal bebas serta memperlambat ketuaan dan asam urat ini juga ternyata berfungsi untuk menjaga pembuluh darah kita agar senantiasa sehat.

Penyebab Asam Urat Berlebihan Di Tubuh

Pada kenyataannya asam urat ini sering kali malah dianggap sebagai penyakit saja dalam tubuh, hal ini yang membuat seseorang menjaga pola makannya agar asam urat ini tidak berlebih dan meradang pada sendi. Sebenarnya makanan yang mengandung purin itu diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan asam urat yang nantinya berguna meremajakan semua sel tubuh, namun dalam beberapa kasus asam urat yang terlarut dalam darah malah berlebihan. Dan untuk mengatasi ini sebenarnya organ ginjal mampu membuang kelebihan asam urat pada tubuh, tetapi ginjal terkadang kewalahan sehingga tidak mampu membuang semua kelebihannya. Asam urat berlebih yang terlarut di dalam darah inilah yang biasanya terendap di sendi-sendi. Dalam kasus yang parah endapat asam urat juga bisa menempel pada organ penting seperti ginjal, yang bilamana tidak segera di atasi bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Yang sering dikeluhkan kebanyakan orang adalah rasa sakit pada sendi yang diakibatkan endapan asam urat yang berlebih ini, Biasanya kalau sudah dalam kondisi seperti ini sakit pada sendi akan kumat saat memakan makanan yang mengandung purin yang tinggi. Terkadang tidak semua orang mengalami dampak yang sama pada setiap makanan yang mengandung purin, beberapa orang bisa memakan jeroan tanpa adanya rasa sakit di sendi namun asam urat malah kumat saat memakan kecambah atau kacang hijau.

Makanan yang Mengandung Purin Tinggi

Seseorang yang memiliki kadar asam urat yang tinggi sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan agar tidak memacu peradangan pada sendi yang diakibatkan karena asam urat berlebih. Makanan yang mengandung purin tinggi sangat bertanggung jawab atas lonjakan kadar asam urat di darah. Apa sajakah makanan yang mengandung purin tinggi yang sebaiknya dihindari?

    1. Kandungan Purin Tinggi (100 - 1000 mg/gram) Sebaiknya Dihindari

 - Hati
 - Jantung
 - Ginjal
 - Otak
 - Jeroan
 - Daging bebek
 - Ekstrak daging (Kaldu daging, abon, kornet)
 - Ikan Sarden
 - Makarel
 - Kerang

    2. Kandungan Purin Sedang (9 - 100 mg/gram) Jangan Terlalu Banyak

 - Daging sapi
 - Ikan Laut (kecuali yang terdapat pada Purin Tinggi)
 - Udang
 - Ayam
 - Tahu & Tempe
 - Asparagus
 - Bayam
 - Daun singkong
 - Tauge & Kacang hijau
 - Kangkung
 - Daun & Biji melinjo

    3. Kandungan Purin Rendah (1 - 9 mg/gram) Boleh Dikonsumsi Setiap Hari

 - Ubi
 - Singkong
 - Jagung
 - Nasi
 - Roti & Kue
 - Telur
 - Susu & Keju
 - Puding
 - Sayuran & Buah (Kecuali yang terdapat pada Puring Sedang)



Bahan Herbal Alami yang Bisa Menjadi Obat Asam Urat Berlebih

Menggobati asam urat sebenarnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat yang berbahan kimia, namun alangkah baiknya jika kita menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki efek samping yang jauh lebih kecil dari obat kimia. Terlalu banyak mengkonsumsi obat juga akan memberatkan kinerja ginjal, yang mana tentu akan membahayakan kita terus menerus mengkonsumsinya. Bahan alami apa saja sih yang bisa digunakan sebagai obat asam urat?

1. Daun Salam

Obat Asam Urat Menggunakan Daun Salam




















Kandungan daun salam sangat kaya akan minyak atsiri, flavonoid, serta tanin yang mampu menekan asam urat berlebih serta menyembuhkannya. Cara pengolahannya sangatlah mudah, tinggal merebus 10-15 daun salam dengan 3 gelas air putih, rebus hungga menyisakan hanya 1 gelas air saja. Dan air rebusan ini nantinya yang akan dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam urat, disarankan untuk meminumnya 2 kali setengah gelas setiap harinya.

2. Kumis Kucing dan Meniran


Obat Asam Urat Menggunakan Kumis Kucing

Obat Asam Urat Menggunakan Meniran





























D kumis kucing yang sudah sangat terkenal bisa menyembuhkan batu ginjal ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat asam urat. Kandungan Orthosiphonin Glokosidanya ternyata berguna untuk membuang kelebihan asam urat pada tubuh sehingga tidak mengendap pada sendi. Meniran juga mengandung flavonoid layaknya daun salam, yang mana baik sebagai obat asam urat. Cara mengolahnya juga terbilang sangat mudah, tinggal rebus 5 daun kumis kucing dengan 5 ranting daun meniran dan 3 gelas air putih. Rebus hingga tinggal setengah gelas saja yang tersisa, setelah dingin ramuan herbal ini bisa langsung diminum. Campuran kumis kucing dan meniran ini juga disarankan diminum 2 kali setengah gelas setiap harinya.

3. Daun Sambiloto

Obat Asam Urat Menggunakan Daun Sambiloto














Sambilito ini juga mengandung flavonoid yang mampu menghilangkan asam urat berlebih pada tubuh. Selain itu ramuan herbal daun sambiloto ini juga memiliki manfaat sebagai penghilang nyeri, anti radang, dan juga penawar racun. Proses pembuatannya dengan merebus 50 gram sambiloto, dengan 20 gram kunyit dan 3 gelas air putih. Direbus hingga menjadi segelas saja, dan minumlah ramuan sambiloto ini 2 kali setengah gelas setiap harinya.

4. Akar Sidaguri

Obat Asam Urat Menggunakan Akar Sidaguri




















Akar dari sidaguri mengandung flavonoid yang bisa menghilangkan asam urat berlebih pada tubuh. Selain biasa digunakan sebagai obat asam urat, akar sidaguri juga sering digunakan untuk menyembuhkan rematik dan asma. Carilah akar sidaguri sebanyak 10-15 gram dan diiris tipis-tipis, lalu direbus dengan menggunakan 3 gelas air putih. Rebus hingga tinggal 1 gelas saja dan minum herbal sidaguri ini 2 kali setengah gelas setiap harinya.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger