Rabu, 22 April 2015

Cara Mencuci Wajah yang Baik

Cara Mencuci Wajah yang Baik sebenarnya tidaklah susah, namun pada kenyataannya terlalu banyak mitos-mitos tentang pantangan berlebihan yang sering kali kita dengarkan disekeliling. Ini sering kali membuat seseorang yang berniat merawat wajah agar selalu tampil sehat serta terlihat cantik malah menjadi kebingungan, antara mana yang boleh dan yang sebaiknya dihindarkan dalam mencuci muka. Kesimpang siuran informasi tentang bagaimana cara mencuci wajah yang baik juga sering kali membuat seseorang mendapatkan hasil yang dinilai negatif atau tidak sesuai dengan harapannya. Tentu akan sangat merugikan sekali jika kita malah mengikuti apa kata mitos yang mana belum tentu bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk wajah kita.
Cara Mencuci Wajah yang Baik
Lalu bagaimana sebaiknya kita merawat wajah kita agar tidak malah merusaknya? Berikut beberapa cara yang baik saat mencuci wajah :

   1. Mencuci wajah 2 - 3 kali sehari

Banyak sekali seseorang yang mencuci wajahnya jika ada minyak berlebih pada wajahnya, dan itu sering kali dilakukan terlalu banyak yang mana malah bisa merusak kesehatan wajah nantinya. Sangat disarankan hanya mencuci sebanyak 2 kali sehari, karena kandungan detergent maupun alkohol yang sering kali menjadi salah satu bahan pada sabun malah bisa membuat wajah menjadi kekurangan minyak alami dan kekeringan. Kondisi wajah yang kering malah akan membuat produksi minyak akan berlebihan untuk menjaga kelembabannya yang mana nanti membuat lingkungan untuk bertumbuhnya jerawat.

   2. Menggunakan air dingin atau panas?

Beberapa orang mengatakan pori-pori wajah bisa terbuka jika terkena air panas dan tertutup jika terkena air dingin, namun beberapa para ahli tidak setuju akan hal itu. Menggunakan air yang tergolong panas sering kali justru akan merusak wajah, membuatnya menjadi kering dan kehilangan kelembaban alami. Lalu bagaimana dengan air dingin, para ahli juga tidak menyarankan menggunakan air yang terlalu dingin karena ternyata juga membuat wajah menjadi kering dan pecah-pecah. Penggunaan air pdam langsung tidaklah sampai merusak kelembaban wajah karena tingkat kedinginan airnya tidak berlebihan. Namun air yang sangat disarankan adalah menggunakan air hangat-hangat kuku, suhu air yang terbilang mirip dengan suhu kulit wajah ini tidak akan sampai merusak kelenjar minyak pada wajah dan membuatnya kering.

   3. Perhatikan sabun wajah yang kita gunakan

Sering kali saat membeli sabun wajah yang kita perhatikan hanya merk sabunnya saja, kita tidak memperhatikan apakah sabun itu mengandung alkohol atau bahan kimia berbahaya lainnya atau tidak. Dan ternyata menggunakan sabun wajah yang mengandung alkohol serta merkuri justru akan merusak wajah secara perlahan, begitu juga dengan kandungan pewangi dan pewarna yang berlebihan pada sabun wajah. Beberapa sabun wajah juga sering kali membuat wajah kita iritasi atau bahkan mengalami alergi, sebaiknya segera ganti sabun wajah jika sampai mengalami hal tersebut.

   4. Cucilah wajah sebelum tidur

Mencuci wajah sebelum tidur akan membuat keadaan wajah kita bersih sehingga akan mempermudah sel-sel pada kulit beregenerasi, saat tidur inilah kulit akan secara aktif membentuk sel baru yang nantinya akan membuat wajah kita terlihat lebih cerah keesokan harinya.

   5. Keringkan wajah secara perlahan

Menggosokkan handuk lembut ke wajah kita setelah mencuci wajah tentu akan terasa menyenangkan dan membuat wajah kering dari air dengan sempurna. Dan ternyata pada kenyataannya menggosoknya handuk ke wajah justru bisa merusak wajah itu sendiri, saat mengeringkan wajah sangat disarankan hanya menepuk-nepukkan handuk secara perlahan ke wajah kita.

   6. Mencuci muka agar terasa kesat?

Banyak orang yang mencari rasa kesat saat mencuci wajah, bahkan sampai beberapa kali menggunakan sabun wajah agar mendapatkan rasa kesat. Ternyata rasa kesat ini sangat tidak baik untuk kesehatan wajah kita, sering kali rasa kesat ini tidak hanya karena wajah bersih namun juga karena kelembaban pada wajah juga ikut tersapu oleh sabun wajah. Ini akan membuat wajah sangat kering dan secara tidak langsung wajah akan memproduksi minyak yang banyak untuk melembabkan wajah yang kering, dan tentu sering banyak minyak berarti banyak jerawat.

   7. Menggunakan pelembab

Pelembab wajah ini tentu akan memberikan nutrisi yang baik untuk wajah, dan diharapkan agar bisa memberikan kelembaban yang diinginkan. Penggunaan pelembab wajah yang disarankan adalah sesaat setelah kita membersihkan wajah kita, saat dimana wajah mampu menyerap nutrisi dari pelembab ini secara maksimal. Dan perlu diingat untuk selalu memperhatikan apa yang terkandung dalam produk pelembab yang kita gunakan agar tidak malah merusak wajah nantinya.
 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger