Senin, 13 April 2015

12 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

12 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan, Kunyit merupakan salah satu herbal yang sangat banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita. Sudah sangat lama sekali kunyit ini dipergunakan sebagai bumbu memasak bahkan digunakan sebagai obat herbal yang khasiatnya luar bisa sekali. Untuk menemukannyapun di Indonesia tidaklah susah karena iklim yang cocok untuk tumbuhnya kunyit ini.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan
Kunyit mengandung Kurkumin yang merupakan pewarna kuning alami ternyata sangat baik juga untuk kesehatan kita, kurkumin ini sangat kaya akan zat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas yang pada jaman seperti sekarang polusi udara semakin menghawatirkan. Kurkumin juga sangat kaya akan zat anti-flamasi atau dengan bahasa yang lebih sederhananya zat anti-flamasi ini merupakan zat yang membantu menyembuhkan peradangan. Kurkumin yang merupakan salah satu zat yang terkandung dalam kunyit ini ternyata juga mempunyai sifat anti kanker, yang mana tentu akan sangat baik jika dikonsumsi secara teratur untuk menekan sel-sel kanker yang rentan berkembang karena radikal bebas yang semakin membahayakan kian waktunya.

Penggunaan kunyit ini biasanya menggunakan 2 cara, yang pertama dengan mengoleskan kunyit yang sudah halus kepermukaan kulit yang gatal atau pada kulit yang mengalami luka, pengolesan kunyit ini juga bisa dilakukan di areal wajah jika menginginkan wajah yang putih dan bebas dari jerawat. Yang ke-dua dengan mengolahnya menjadi larutan atau jamu kunyit, ini biasa dilakukan untuk mendapatkan khasiat dari dalam serta menyembuhkan dari berbagai macam penyakit, cara pembuatannyapun sangatlah mudah.

Cara membuat jamu kunyit :
  1. Bersihkan 1/2 Kg kunyit dari tanah dan kotoran lainnya.
  2. Parutlah atau bisa juga dengan memblender kunyit yang sudah dibersihkan.
  3. Campurkan dengan 2 Liter air atau setara dengan 10 gelas.
  4. Rebuslah campuran kunyit ini hingga mendidih, bisa juga dengan menambahkan gula yang mana akan membantu meringankan rasa jamu kunyit.
  5. Setelah dingin, jamu kunyit ini bisa langsung dikonsumsi.
  6. Jika kita sakit, disarankan mengkonsumsi jamu kunyit ini 3 kali dalam sehari. Namun jika dalam kondisi yang sehat kita bisa mengkonsumsi jamu kunyit 1 kali sehari untuk menjaga kesehatan tubuh terutama organ pencernaan.
  7. Bisa ditambahkan 1 sendok madu saat mengkonsumsi jamu kunyit, jika dirasa tidak kuat dengan rasa dari kunyit itu sendiri. Tidak disarankan menggunakan gula karena kelebihan gula pada tubuh bisa menjadi penyakit baru nantinya.


Mencari kunyit di Indonesia sangatlah gampang, dan manfaat kunyit yang luar biasa ini membuat herbal alami satu ini sangat banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kita. Nah apa saja sih manfaat kunyit bagi tubuh kita?

1. Antiseptic Alami


Kunyit yang sangat baik menghilangkan kuman dan bakteri ini sangat membantu untuk menyembuhkan dan membersihkan luka luar maupun luka dalam. Hal ini yang membuat kunyit sangat disarankan untuk mengobati tifus, karena kunyit ini akan sangat membantu dalam menghilangkan bakteri-bakteri tifus yang berbahaya bagi usus kita, juga membantu dalam menyembuhkan luka pada perut yang disebabkan oleh peradangan dari bakteri tifus ini.

2. Menyembuhkan Luka


Kandungan pada kunyit ini membantu dalam menyembuhkan luka dan membantu menyembuhkan peradangan yang terjadi. Efek antisepticnya juga sangat membantu sekali saat mengoleskan kunyit ini ke luka kita, karena tentu akan aman dari infeksi.

3. Mencegah Kanker


Zat kurkumin yang banyak terkandung dalam kunyit ternyata juga menjadi zat pencegah kanker yang mana menekan perkembangan sintesis protein yang bisa berakibat tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh kita. Kandungan antioksidan pada kurkumin ini juga membantu menjaga kesehatan tubuh dari radikal bebas yang bisa membuat sel kanker bertumbuh.

4. Pembengkakan dan Peradangan Sendi


Kunyit mempunyai sifat anti-flamasi yang dapat membantu menyembuhkan peradangan pada sendi maupun hingga adanya pembengkakan. Gunakan kunyit ini dengan mengoleskan kunyit yang sudah dihaluskan ke bagian sendi ataupun pembengkakan secara merata seperti halnya kita menggunakan salep. Mengkonsumsi kunyit secara rutin juga akan sangat membantu dalam proses penyembuhan dari dalam dengan menutrisi sendi-sendi yang sakit agar tidak kaku dan mengurangi rasa sakitnya secara bersamaan.


5. Baik Untuk Lambung dan Usus


Mengkonsumsi kunyit secara teratur sangat sehat untuk lambung serta usus kita, selain bisa membantu membersihkan dari bakteri-bakteri yang membahayakan untuk keadaan perut kita. Kunyit ini juga membantu dalam mengurangi gas yang terdapat pada lambung maupun usus kita. Kunyit ini juga sangat membantu dalam produksi lendir dari lambung yang sangat penting untuk menjaga dinding lambung dari asam lambung yang sifatnya korosif.

6. Menyembuhkan Tifus


Orang yang sedang sakit tifus sangat disarankan untuk mengkonsumsi kunyit untuk menjaga kesehatan usus kita. Kunyit yang sangat baik untuk membersihkan bakteri dan menyembuhkan luka ini akan sangat membantu memerangi bakteri tifus yang meradang pada usus kita. Pada kasus yang parah, bakteri tifus bisa membuat usus kita terluka dan sangat membahayakan kesehatan, disinilah kunyit digunakan sebagai obat tifus yang efektif.

7. Menghilangkan Nyeri Saat Haid


Efek anti-flamasi yang terkandung pada kunyit ini juga membantu meredakan rasa sakit pada saat haid. Mengkonsumsi kunyit ini sendiri juga ternyata membantu dalam memperlancar haid yang kita alami.

8. Menyembuhkan Flu


Menggunakan kunyit sebagai penyembuh flu bisa dilakukan dengan membakar kunyit ini hingga mengeluarkan asap, dan menghirup asap ini secara perlahan. Asap dari kunyit ini juga bisa membantu dalam mengatasi hidung yang mampet, selain menghisap asap kunyit kita juga bisa mengkonsumsi kunyit secara teratur untuk meningkatkan daya tahan kita terhadap penyakit dan virus.

9. Memperlancar ASI


Selain dapat memperlancar asupan ASI untuk si kecil, mengkonsumsi kunyit secara rutin juga akan membantu para wanita terutama ibu-ibu agar terhindar dari kanker payudara yang sangat sering sekali menyerang wanita pada jaman sekarang. Banyaknya radikal bebas dan makanan yang tidak sehat dapat memicu tumbuhnya sel kanker ini, yang mana sangat berbahaya untuk kesehatan kita.

10. Menjaga Kesehatan Wajah


Kandungan Vitamin C yang sangat kaya pada kunyit sangat membantu dalam memutihkan wajah secara alami, selain memutihkan wajah vitamin ini juga sangat berperan penting dalam proses pembentukan sel-sel kulit baru yang membantu wajah tampak lebih cerah. Kunyit yang mempunyai sifat antiseptic juga sangat membantu dalam menghilangkan jerawat yang membandel pada wajah kita, kunyit yang membantu dalam regenerasi kulit baru ini juga akan sangat membantu menyamarkan bekas jerawat yang ada pada wajah kita.

11. Obat Gatel


Kunyit yang sangat terkenal dengan antisepticnya sangat membantu dalam mengatasi rasa gatal pada kulit yang sering kali diakibatkan karena banyaknya bakteri dan kuman yang bersarang di kulit kita, menggunakan olesan kunyit pada areal yang gatal juga membantu kita terhindar dari efek samping obat-obat gatal kimiawi yang sering kita temui di toko-toko. Mengoleskannya pada cacar air juga membantu penderita dari rasa gatal yang sering kali sangat mengganggu saat terkena cacar air, kunyitpun akan membantu dalam proses pengeringan dan menyamarkan bekas cacar air tersebut.

12. Obat Demam Berdarah


Sebenarnya obat demam berdarah belumlah ditemukan sampai sekarang, namun kunyit ini akan sangat membantu dalam meningkatkan trombosit kita yang mana akan membantu kita agar tidak sampai mengalami kritis saat terkena demam berdarah. Virus demam berdarah yang menyerang pembuluh darah juga senantiasa menekan jumlah trombosit pada darah kita, yang mana jika kandungan trombosit kita sangat rendah bisa berakibat mematikan. Disinilah peran kunyit sebagai obat alami yang membantu meningkatkan trombosit dan menjaga agar kita selamat dari penyakit demam berdarah.


Sekian manfaat luar biasa dari kunyit ini untuk kesehatan kita, selain manfaat yang sangat banyak bisa diperoleh untuk kesehatan, kunyit juga tidak menyebabkan efek samping. Jadi mengkonsumsi maupun mengoleskan kunyit ini ke tubuh kita sangatlah sehat dan sangat disaranka dilakukan secara rutin. semoga article Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan ini berguna bagi para pembaca sekalian.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger