Kamis, 16 April 2015

Apakah Main Games Kekerasan Itu Berbahaya?

Main Games Berbahaya? Banyak sekali para pakar di Indonesia yang menyatakan kalau games atau permainan elektronik sekarang yang mengandung unsur kekerasan dianggap berbahaya bagi perkembangan mental anak-anak. Mereka mengatakan jika saat bermain melihat adanya darah yang bercucuran serta memukuli orang lain membuat sikap mental kita mengikuti apa yang sering kita lihat di games tersebut.
Apakah Main Games Berbahaya?
Ini juga yang membuat para orang tua menjadi was-was terhadap perkembangan mental si kecil. Mereka takut sekali games yang seharusnya bisa menghibur si kecil dari rutinitas yang lumayan berat malah membuat perkembangan mental si kecil menjadi rusak atau menjadi cepat marah. Sehingga tak sedikit dari para orang tua yang tidak membiarkan anak-anaknya bermain games cuman karena ini, terkadang para orang tua juga tidak menyediakan cara alternatif untuk anaknya merefreshing pikirannya yang sudah jenuh mendapatkan rutinitas belajar di sekolahnya. Orang tua juga toidak sepenuhnya memikirkan apa yang akan anak-anaknya lakukan jika bahkan diam dirumah sudah menjadi sangat membosankan, anak-anak sering kali pergi keluar dan bergaul dengan komunitas yang ada di sekitar lingkungan mereka, entah itu komunitas yang baik atau komunitas yang jelek. Komunitas sangatlah mempengaruhi pola pikir serta tindakan dari si kecil nantinya, bahkan seseorang yang sangat baik sekalipun bisa ikut-ikutan merokok serta mabuk-mabukan cuman dikarenakan ajakan yang terus menerus dari komunitas bersifat jelek yang mereka temukan diluar.Jadi apakah melarang bermain apakah juga berdampak baik pada si kecil?

Beberapa penilitian yang dilakukan di luar negri mendapatkan hasil bahwa games atau permainan elektronik yang berbau kekerasan serta banyak menghasilkan darah-darah sebenarnya tidak merubah anak-anak kita menjadi keras maupun menjadi memiliki tingkat emosional yang tinggi. Mereka tidak berhenti disitu saja, para peneliti kemudian membuat games yang awalnya menghasilkan banyak darah serta berbau kekerasan ini menjadi tidak menghasilkan darah sama sekali dan tidak ada kekerasan di games tersebut, namun membuatnya menjadi sangat susah dimainkan. Hasil yang didapatkan sangat mengejutkan para peneliti, ternyata games yang susah dimainkan membuat seseorang menjadi mudah kesal dan cepat emosian, ini seperti seseorang yang diberikan banyak sekali cobaan pada hidup yang dia jalani, sering kali seseorang menjadi stress dan lebih cepat emosian dari sebelumnya. Inilah juga yang dialami anak saat bermain games yang tingkat kesukarannya ditingkatkan, mereka merasakan banyaknya hambatan saat bermain dan membuat dirinya menjadi stress dan mudah marah.

Dengan bermain games sebenarnya ada beberapa perkembangan dari mental si kecil, baik itu dari tingkat kreatifitas yang lebih besar, serta tingkat pembelajaran hal baru yang lebih baik dari seseorang yang tidak bermain games. Namun apakah tidak ada hal buruk yang dihasilkan dari games ini? Mengingat segala hal biasanya memiliki 2 sisi yang berbeda, begitu juga dengan games yang sering dikambing hitamkan atas tingkat emosional dari si kecil ini. hal buruk yang bisa dihasilkan dari bermain games terkadang si kecil sampai lupa waktu, mereka hanya ingin bermain dan terus bermain karena itu menyenangkan bagi mereka. Hal ini tidak jarang membuat prestasi anak malah sering menurun dengan drastis karena keseringan bermain, hal apapun yang dilakukan terlalu sering biasanya ada dampak buruknya, namun sebagai orang tua yang sayang akan anak-anaknya sebaiknya kita bersikap sedikit dewasa dan tidak semata-mata menyalahkan games yang membuat prestasi si kecil menurun. Kita harus bisa membantu mengatur seberapa banyak si kecil bermain, membaginya sebagian untuk kegiatan di luar dan mencari teman-teman baru serta membaginya lagi untuk belajar agar prestasi di sekolah juga tidak hancur karenanya.

Prestasi disekolah sangatlah penting buat anak-anak kita, namun itu bukanlah satu-satunya hal yang membuat si kecil sukses nantinya. Bisa bergaul dan bisa memilih pergaulan juga menjadi salah satu faktor yang membuat sukses menjadi lebih dekat, namun mengejar ilmu itu mutlak sangatlah diperlukan, karena sangat susah berbicara banyak hal jika kita bahkan tak mempunyai pengetahuan yang luas. Bermain games juga sebenarnya bisa mendapatkan teman-teman baru, games sekarang sudah bisa dimainkan Online yang mana terkadang si kecil bisa mendapatkan komunitas baru saat bermain games, mendapatkan teman-teman baru dan berinteraksi sembari bermain games.

Jadi bermain games tidaklah selamanya hanya membuat si kecil menjurus ke yang negatif saja, sebenarnya banyak juga manfaat dari si kecil bermain games yang bisa didapatkan jika tidak berlebihan dan selalu mendapatkan pengawasan dari orang tua.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger