Minggu, 12 April 2015

Gejala Tifus dan Obat Tifus

Gejala Tifus dan Obat Tifus, Penyakit tifus ini disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang menyerang usus kita. Bahkan jika tidak ditangani dengan baik bisa membuat usus kita terluka dan sangat berbahaya. Saat kita terkena tifus sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lembut, makanan juga tidak bersifat asam maupun pedas, agar keadaan usus kita tidak semakin parah.

Gejala Tifus dan Cara Mengobati Tifus

Penyebaran penyakit tifus ini sangatlah cepat pada tempat yang kotor, terutama sehabis buang air besar, usahakan agar mencuci tangan dengan bersih dan membersihkan closetnya juga. Bakteri ini selain terkontaminasi langsung karena kondisi tangan yang tidak bersih, bisa juga terbawa oleh lalat yang hinggap ke makanan kita sehingga kita bisa terkena tifus.

Gejala Penyakit Tifus


 1. Demam yang tinggi, hingga 38 derajat celcius. Demam tinggi ini biasanya terjadi pada malam hari dan sedikit menurun saat pagi hari.
 2. Sakit Perut dan Diare.
 3. Batuk serta sakit tenggorokan.
 4. Karena seringnya buang air besar, tubuh menjadi kekurangan cairan dan sering kali membuat kita menjadi lesu.
 5. Lidah pada bagian tengah berwarna putih.

Cara Mengobati Tifus


 1. Usahakan memakan makanan yang tidak keras, namun tidak memakan bubur. Kalaupun terpaksa memakan bubur, usahakan untuk menguyah bubur ini beberapa kali agar mulut memproduksi enzim untuk mencerna karbohidrat dari bubur tersebut. Karena jika bubur tidak dikunyah dengan baik, maka perut akan semakin berat mencernanya dan akan sangat berbahaya untuk penderita tifus.
 2. Kunyahlah semua makanan melebihi dari biasanya, ini dilakukan agar makanan yang diproses didalam tubuh semakin lembut dan tidak menciderai perut yang sudah terserang bakteri tifus.
 3. Tidak mengkonsumsi makanan yang bersifat asam, dan pedas. Ini akan sangat berbahaya bagi perut yang terserang bakteri tifus, makanan-makanan ini bisa membuat usus terluka bahkan sampai robek dan berakibat mematikan.
 4. Jika terfonis tifus usahakan tetap menjaga makanan yang kita konsumsi selama sebulan, walau tifus kita sudah dikatakan sembuh. Ini untuk tetap berjaga-jaga agar perut tidak terluka karena sempat terkena bakteri tifus.
 5. Mengkonsumsi jamu kunyit yang dibuat sendiri dirumah. Cara buatnya sangat gampang, blender atau parutlah 1/2 kg kunyit dan kemudian direbus menggunakan 2 liter air atau setara dengan 10 gelas sedang hingga mendidih. Saat direbus bisa ditambahkan sedikit gula, atau menambahkan 1 sendok madu saat ingin meminumnya nanti, agar rasa dari kunyit ini agak tersamarkan. Setelah jamu ini mendidih, bisa didinginkan dan dikonsumsi 3 kali dalam sehari. Saat mengkonsumsinya dipagi hari usahakan untuk mengkonsumsi roti atau makan terlebih dahulu agar kondisi perut tidak kosong.
 6. Banyak-banyak tidur dan istirahat. Ini akan sangat membantu tubuh untuk melakukan pemulihan dari bakteri tifus yang sempat menyerang, tubuh yang cukup mendapat istirahat akan lebih cepat sembuh dari tifus ini.
 7. Mengkonsumsi kapsul cacing tanah, ini bisa didapatkan di toko obat china. Cacing tanah ini terkenal mampu menghilangkan bakteri tifus sehingga penyembuhannyapun akan lebih cepat. Usahakan untuk tidak memberitahu yang bersangkutan kalau kapsul itu mengandung cacing tanah, terkadang penderita menjadi mendadak mual karena mendengar cacing tersebut, terutama jika penderita masih anak-anak atau seseorang yang takut akan cacing.
 8. Segera konsultasikan ke dokter jika terjadi rasa sakit yang berlebih pada perut penderita. Agar mendapatkan perawatan yang secepatnya.

Demikianlah gejala tifus dan cara mengobati tifus, semoga article ini bisa membantu jika ada kerabat dari pembaca yang mengalami hal ini. 

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger