Kamis, 16 April 2015

Menjaga Pikiran Menjaga Tubuh

Menjaga Pikiran Menjaga Tubuh, maksudnya bagaimana sih judul article ini? Jadi sebenarnya pikiran dan tubuh kita ini terpisah namun sama-sama saling mempengaruhi satu sama lain. Ibarat bensin dengan kendaraan bermotor, merupakan 2 benda yang berbeda namun sangat saling berkaitan satu sama lain. Bensin kualitas nomor 1 bakalan membuat mesin mampu bekerja lebih enteng dan membuatnya lebih awet, namun bensin dengan kualitas jelek bisa berdampak jelek juga kepada umur mesin. Begitu juga dengan mesin yang baru dan kualitasnya masih bagus akan menggunakan bensin lebih efisien dan irit, namun bensin tua yang sudah tidak terawat lagi bisa menggunakan bensin secara lebih boros bahkan sampai tidak mampu memproses bensin lagi.
Menjaga Pikiran Akan Menyehatkan Tubuh

Pikiran dan tubuh juga digambarkan seperti halnya bensin dan mesin, mereka merupakan hal yang berbeda namun saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Pikiran yang baik akan menghasilkan energi yang positif buat tubuh kita, raut muka lebih mudah tersenyum, tubuh terasa lebih enteng, dan masih banyak lagi. Menurut penelitian juga ternyata pikiran yang baik berpengaruh baik pada tubuh kita, saat kita senang atau berpikiran yang baik tubuh kita melepas hormon yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta meremajakan sel-sel yang ada di tubuh kita. Begitu juga saat kita berpikiran jelek, saat kita marah, saat kita iri, saat kita serakah, tubuh ini mendapatkan efeknya juga. Coba dibayangkan kembali saat kita marah atau jengkel, apakah tubuh kita terasa berat dan sudah digerakkan? apakah tubuh terasa lebih panas dari biasanya? apakah tubuh menghasilkan air mata, keringat dan air liur berlebih? apakah tubuh bergetar, jantung berkerja lebih cepat? Kalau dipikirkan lagi dengan lebih seksama sebenarnya saat kita marah, tubuh kita mengalami semua hal diatas ini. Namun karena pikiran kita teralihkan oleh rasa marah itu, sering kali kita tidak sadar apa dampaknya ke tubuh kita sendiri, bahkan tidak jarang saat marah kita bahkan tidak bisa mendengar atau melihat dengan baik, sering kali kita hanya melihat bayangan hal-hal yang membuat kita marah saja dan tidak mampu melihat sekitar kita dengan baik. Menurut penelitian, pikiran yang jelek ini juga berakibat tidak baik pada tubuh kita, tubuh sering kali melepas hormon yang sama saat kita stress yang mana akibatnya membuat sel-sel tubuh lebih cepat tua. Itulah mengapa kita mampu membedakan muka-muka yang suka marah, maupun muka yang perangainya baik, hormon tubuh inilah yang mempengaruhi sel tubuh yang mampu tercermin pada wajah kita.

Tubuhpun juga begitu, saat kita merasakan pijatan yang enak sekali pada tubuh kita serta sekaligus mendapatkan aroma yang harum dan mendapat angin sepoi-sepoi yang sejuk dapat membuat pikiran kita menjadi rileks, adanya pikiran senang. Mendapatkan sesuatu yang menyenangkan pada tubuh kita juga membuat pikiran menjadi baik, dan saat pikiran kita baik akan menghasilkan hormon-hormon baik pula pada tubuh kita. Namun saat kita mendapatkan pukulan dari seseorang, pantat kita sakit saat terlalu banyak duduk, saat kita dicaci-maki seseorang, pastinya ini akan berdampak juga pada pikiran kita, pikiran kita bisa menjadi tiba-tiba marah atau timbul pikiran gelisah atau timbul pikiran tidak senang yang begitu saja muncul dikarenakan tubuh kita mendapatkan sesuatu yang tidak enak. Kalau pikiran kita sudah tidak baik, ini akan membuat tubuh menghasilkan hormon tidak baik pula yang nantinya akan merusak tubuh kita perlahan-lahan.

Terus apa yang harus kita lakukan untuk mengurangi dampak buruk dari tubuh dan pikiran ini agar tidak merugikan kita nantinya? sebenarnya yang bisa kita lakukan adalah melatih pikiran kita agar tidak cepat marah, tidak cepat tersinggung dan lain-lain. Tubuh yang terkena pukulan mungkin terasa sakit, tapi tidak akan memberikan dampak hingga melepas hormon tidak baik di tubuh kita jika pikiran kita tidak marah, ataupun merasa jengkel. Melatih pikiran kita agar lebih sabar dan bisa menikmati kehidupan yang walaupun sering banyak masalah, bisa jadi akan membuat tubuh kita jauh lebih sehat karena tubuh lebih jarang melepaskan hormon tidak baik yang merusak sel di tubuh kita.

Menjaga pikiran kita agar selalu baik, akan membantu menjaga kesehatan tubuh ini. Ini bukan sekedar prasangka belaka, namun sudah ada beberapa ahli yang melakukan penelitian dampak pikiran kita ke tubuh, dan tentu kita tidak mau donk terus-terusan merasa jengkel dan cepat marah. Makanya mari kita mulai dari sekarang melatih pikiran agar bisa lebih sabar lagi dari sebelumnya, bisa berfikir lebih positif lagi dari sebelumnya agar tubuh senantiasa sehat dan melepaskan hormon yang baik pula.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger