Sabtu, 28 Maret 2015

Manfaat Meditasi Untuk Tubuh dan Pikiran

Manfaat Meditasi Untuk Tubuh dan Pikiran. Dijaman yang serba maju ini sudah banyak yang bisa dilakukan dengan riset-riset untuk mengetahui keadaan tubuh serta bagaimana gelombang otak manusia. Nah, ternyata meditasi sering menarik minat peneliti untuk mendapatkan data yang semakin akurat masalah manfaat meditasi untuk tubuh dan pikiran. Dan ternyata kegiatan meditasi yang sudah dikenal dari jaman dahulu ini sangat baik dan bermanfaat untuk diri kita.

Manfaat Meditasi Untuk Tubuh dan Pikiran

Bagaimana meditasi yang hanya duduk dan memejamkan mata bisa memberikan dampak yang baik ke tubuh dan pikiran kita? Perlu diingat meditasi bukanlah sekedar duduk dan memejamkan mata, lebih untuk memfokuskan konsentrasi pikiran kita ke sebuah objek. Baik itu konsentrasi pada keluar masuknya nafas, konsentrasi untuk melihat pikiran kita yang selalu berfikir kesana kemari, atau bahkan memperhatikan rasa sakit pada tubuh. Berikut manfaat meditasi untuk tubuh dan pikiran jika kita rajin melatihnya.

1. Mengatasi Susah Tidur


Orang yang susah tidur biasanya terlalu banyak memikirkan hal yang berlebihan dipikirannya, keadaan ini kadang bisa membuat kita menjadi stress dan semakin kurang tidur. Meditasi ternyata juga mampu memberikan rasa pada pikiran sehingga bisa mempermudah orang yang mengalami susah tidur untuk beristirahat.

2. Mengurangi Stress


Sudah banyak sekali penelitian yang membuktikan kegiatan meditasi ini sangat baik untuk mengurangi stress berlebihan yang diderita seseorang. Meditasi mampu membuat keadaan pikiran menjadi lebih tenang dan terkontrol, inilah mengapa meditasi sangat dianjurkan bagi penderita stress ringan maupun yang sudah parah. Namun jika stress yang dialami sudah termasuk parah, sangat disarankan melakukan meditasi dengan ditemani mentor yang sudah berpengalaman, ini dilakukan semata-mata agar mendapatkan pengawasan serta cara meditasi yang lebih baik untuk menenangkan pikiran kita yang sedang kacau.

3. Menyembuhkan Penyakit


Sudah banyak orang yang melakukan meditasi dan mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang dideritanya. Meditasi sering dibilang sebagai proses self healing karena kemampuannya ini. Namun perlu diingat untuk mencari pembimbing jika ingin menggunakan meditasi sebagai sarana menyembuhkan, karena cara meditasi yang benar akan sangat membantu proses penyembuhan ini nantinya. 

4. Memperkuat Konsentrasi dan Daya Ingat


Duduk bermeditasi juga sangat baik dilakukan oleh anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Tetapi bagaimana sih kita memperhatikan nafas saat bermeditasi bisa menguatkan daya ingat dan konsentrasi? Ternyata bermeditasi ini mampu membuat kemampuan otak kita meningkat, perkembangan otak dengan bermeditasi ini juga sudah dilakukan riset dan memang benar mengalami perkembangan yang menakjubkan.

5. Menurunkan Darah Tinggi


Menurut penelitian dari Harvard, duduk bermeditasi dan memberikan rasa tenang pada tubuh ini membuat tubuh mempunyai kekebalan terhadap hormon-hormon yang menyebabkan stress. Tekanan darahpun akan menurun karena tidak ada hormon yang memicu stress pada tubuh saat bermeditasi.

6. Membantu Mengeluarkan Toxin


Saat kita duduk bermeditasi selaman 30 menit atau lebih, kita bisa merasakan tubuh ini menjadi terasa panas sekali, keringatpun bercucuran keluar. Keringat yang keluar ini akan membantu tubuh mengeluarkan toxin ditubuh yang berlebihan. Apakah tubuh yang terasa panas ini normal? Saat kita bermeditasi dan mampu mengkonsentrasikan pikiran dengan baik, ini akan membuat kita akan semakin peka sehingga mampu merasakan panas tubuh kita sendiri. 

7. Pikiran Menjadi Lebih Peka


Menjadi lebih peka bukan berarti kita menjadi lebih sering menangis saat mendengarkan cerita yang sedih, namun disini bermeditasi yang rutin mampu memberikan pikira rasa peka terhadap apa yang terjadi di dalam kepala. Jika kita sering bermeditasi dan memiliki konsentrasi yang baik, terkadang kita mampu menyadari perasaan marah bahkan sebelum rasa marah itu keluar dari pikiran ke ucapan maupun perbuatan kita. Ini akan sangat baik untuk menjaga sikap kita menjadi lebih baik saat bersosialisasi nantinya.


Sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari melakukan meditasi yang rutin. Mari kita latih meditasi terus menerus agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal bagi kesehatan tubuh dan pikiran kita. Baca juga cara meditasi untuk kesehatan.
 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger