Minggu, 22 Maret 2015

Gula Membuat Anak-Anak Ketagihan

Dampak gula pada anak-anak















Gula Membuat Anak Ketagihan. Sudah menjadi rahasia umum membuat anak kecil tidak rewel dengan memberinya makanan manis. Ini akan membuat anak kecil berperilaku baik kepada orang yang memberikannya makanan manis. Sogokan yang manis untuk mendapatkan perhatian si kecil, tapi apakah memberi makanan manis itu aman?

Gula yang banyak terkandung dalam makanan manis dapat menyebabkan gigi berlubang, cenderung mempunyai resiko obesitas dini lebih besar, menyebabkan produksi lendir pada hidung dan mulut berlebih (bisa mengakibatkan pilek dan batuk), Mempunyai kelakuan yang terbilang lebih hyperactive.

Dan gula juga membuat anak kecil ketagihan, mungkin ini sangat terdengar asing ditelinga pembaca. Namun begitulah hasil yang didapatkan oleh para ahli setelah meneliti sel otak anak jika mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Bisa disimak alasan kenapa gula bisa membuat si kecil ketagihan ;

1. Mengikat si Kecil dari Gigitan Pertama


Gigitan pertama pada makanan manis yang mengandung gula sudah mampu membuat si kecil ketagihan pada makanan yang mengandung gula. Bahkan saat merasakan manisnya gula, otak kita memberikan signal yang sama efeknya seperti kita menggunakan Cocaine (salah satu obat narkotika yang berbahaya).

Dampak Gula pada Bagian Otak
Bisa dilihat diatas, bagian yang terangsang oleh obat berbahaya Cocaine mengenai area yang sama seperti halnya jika kita memakan makanan manis yang mengandung gula. Walau dampak yang diberikan oleh gula tidak sebahaya narkotika, namun ini bisa mempengaruhi kesehatan si kecil dalam jangka yang panjang. Terlalu sering mengkonsumsi gula disaat kecil bisa mempermudah si kecil mengalami obesitas bahkan lebih parah lagi mengalami Diabetes di umur yang terbilang muda.

2. Melepas Zat Dopamine yang Selalu Tinggi


Setiap kita makan sesuatu, otak akan melepas zat dopamine yang beragam jumlahnya. Dopamine ini menjadi ukuran puas seseorang, biasanya seseorang yang memakan daging ayam yang enak akan memberikan kesan yang tidak menyenangkan bila diberikan daging ayam yang sama persis seperti sebelumnya selama seminggu berturut-turut. Dalam kasus daging ayam ini, dopamine yang di lepas oleh otak semakin lama semakin sedikit.

Namun beda ceritanya bila memakan makanan yang mengandung gula, seberapa banyakpun si kecil memakan gula, otak akan selalu melepas zat dopamine yang selalu tinggi. Ini membuat si kecil akan terus berburu makanan manis, karena rasanya selalu enak rasanya.


Si kecil tidak akan mengerti bahaya gula bagi kesehatan, mereka hanya ingin memakannya karena rasanya yang enak. Namun sebagai orang yang sayang pada si kecil, sudah selayaknya membatasi konsumsi gula si kecil dari sekarang.

Tidak ada hal baik yang didapat dari kelebihan memakan makanan manis yang mengandung gula. Bahkan walau si kecil tidak mendapatkan pasokan gula dari cemilan dan permen, mereka masih mendapatkan gula dari produk-produk susu atau makanan bagi si kecil. Ini sudah mampu memberikan pasokan yang cukup untuk tubuh si kecil yang membutuhkan gula sebagai pasokan energi.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger