Rabu, 25 Maret 2015

Penyebab Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Penyebab Kulit Kering dan Pecah-Pecah. Tipe kulit itu sangatlah beragam, baik dari kulit yang lembab, kulit sensitif, kulit kusam, kulit kencang, maupun kulit yang kering. Memiliki kulit yang berbeda tipe selain karena genetik, bisa juga karena berbeda perawatannya.

Memiliki kulit yang sehat tentu sangat dipengaruhi kadar kelembaban kulit itu sendiri. Kelembaban kulit sangat berguna untuk melindungi lapisan kulit dari serangan bakteri maupun sinar matahari yang menyengat. Kulit yang memiliki kelembaban yang baik akan selalu tampil cerah dan sehat, dan tentu akan melindungi kita dari proses penuaan dini.

Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Memiliki kulit yang kering sunggu sangat mengesalkan, kita harus menjaga ekstra kelembaban kulit kita dengan baik. Namun jika kita memiliki kulit yang terbilang lembab dan sehat, ingatlah untuk selalu menjaga kesehatannya dan menjauhi penyebab yang sering membuat kulit kita cepat mengering dan pecah-pecah. Apa saja sih yang bisa membuat keadaan kulit kita semakin kering?

1. Air Conditioner / Pendingin Ruangan


Air Conditioner Menyebabkan Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Menggunakan pendingin ruangan yang terus menerus bisa membuat kelembaban kulit menurun dan rentan menjadi sangat kering sekali. Udara yang dingin biasanya memicu juga kelembaban udara yang menurun, dan ini akan berpengaruh terhadap kelembaban kulit kita jika terus menerus terkena efek pendingin ruangan ini. Namun jika saat bekerja dikantor, tentu sudah menjadi kebiasaan semua ruangan akan menggunakan pendingin ruangan ini, dan yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kelembaban kulit yaitu dengan memberikan kulit kelembaban ekstra. Baik itu menggunakan pelembab yang sering ditemukan di toko maupun dengan bahan alami yang mampu menjaga kelembaban kulit.

2. Cuaca


Cuaca Menyebabkan Kulit Kering dan Pecah-Pecah










Cuaca yang dingin biasanya akan diikuti oleh menurunnya tingkat kelembaban udara. Untung saja di Indonesia, kita tidak memiliki cuaca dingin yang sangat ekstrim. Usahakan selalu untuk menggunakan pakian yang menghangatkan badan kita agar tidak memperparah kelembaban kulit kita. Gunakan juga pelembab jika memang kulit kita sudah dalam kondisi yang kering dan pecah-pecah agar tidak memperburuknya lagi.

3. Sinar Matahari


Sinar Matahari Menyebabkan Kulit Kering dan Pecah-Pecah














Terlalu banyak terpapar sinar UV matahari tidaklah sehat dan mampu memperburuk kelembaban kulit kita. Ingat selalu untuk mengkover kulit kita jika terpaksa berpaparan dengan sinar UV siang hari dengan durasi yang lama. Dengan menurunnya tingkat kelembaban kulit, akan mudah sekali kulit kita menjadi semakin gelap jika terkena sinar matahari saat siang bolong.

4. Mandi Menggunakan Air Panas


Air Panas Menyebabkan Kulit Kering dan Pecah-Pecah


















Menggunakan air panas untuk mandi mungkin akan terasa sangat menyenangkan sekali, apalagi saat sepulang kantor yang begitu melelahkan. Namun penggunaan air yang panas untuk mandi akan memperburuk keadaan kulit kita. Air panas ini bisa merusak lapisan lemak permukaan kulit yang merupakan pelembab alami kulit. 

5. Menggunakan Sabun Terlalu Sering


Sabun Menyebabkan Kulit Kering dan Pecah-Pecah










Mungkin terdengar aneh, sabun yang sering kita pakai kok malah dibilang membuat kulit kita menjadi kering? Pernahkan merasakan saat kita selesai mandi, kulit akan terasa sedikit kering dan kemudian terasa biasa saja. Nah karena kandungan detergent dan alkohol yang kadang menjadi bahan pembuatan sabun inilah yang membuat keadaan kulit menjadi kering saat menggunakannya terlalu sering. Begitu juga saat mencuci pakaian yang menggunakan detergent akan sangat membuat keadaan kulit kita menjadi kering. 

6. Faktor Keturunan


Kulit Kering dan Pecah-Pecah Bisa Diturunkan dari Orang Tua













Kita juga bisa mendapat kulit yang terbilang kering karena keturunan. Alasan genetik ini mungkin tidak bisa dihindari, namun tentu bisa di rawat agar kulit menjadi lebih lembab. Perawatan kulit kering bisa dilakukan dengan cara yang alami maupun menggunakan pelembab yang dijual ditoko, namun perlu diingat untuk menghindari produk yang mengandung alkohol. Produk yang mengandung alkohol bisa memberikan efek yang sebaliknya, membuat kulit kita semakin kering kian harinya.

7. Faktor Umur


Umur Bisa Menyebabkan Kulit Kering dan Pecah-Pecah


















Memiliki kulit yang kering saat mengalami penuaan bukanlah hal yang janggal. Kulit tidak akan mampu menjaga kelembaban kulit seperti saat muda dulu. Kelenjar minyak atau yang biasa disebut sebum tidak lagi memproduksi minyak untuk menjaga kulit dari keringnya udara luar. Karena kulit yang kering ini juga nantinya akan membuat kulit kita mengalami penuaan semakin cepat.


Jika kita mempunyai kulit yang terbilang kering, lalukanlah perawatan-perawatan yang mampu membuat kelembaban kulit kembali untuk menjaga kesehatan dan penuaan dini. Perbanyak minum air putih merupakan salah satu cara yang baik untuk mengatasi kulit kering.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger