Senin, 30 Maret 2015

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Tubuh Kita

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Tubuh Kita. Jaman sekarang sudah sangat gampang sekali menemukan minuman bersoda dari berbagai merk yang dijual di toko sekitar rumah kita. Harga yang bersaingpun menjadikan minuman ini begitu sering dibeli oleh konsumen. Memiliki sensasi yang terasa segar sekali saat diminum membuat minuman ini menjadi primadona untuk anak-anak kecil jaman sekarang.

Minuman Bersoda Sangat Berbahaya Untuk Tubuh

Meminum minuman bersoda tidaklah cukup hanya segelas atau sebotol saja, kita akan terus ingin meneguknya karena rasanya yang menyenangkan, apalagi jika dalam kondisi udara yang tergolong panas. Namun taukah anda, minuman bersoda mengandung begitu banyak gula didalamnya, ini yang membuat kita selalu terasa haus dan terus ingin meminum minuman bersoda. Selalu ingin minum dan minum terus, namun semakin banyak kita minum rasa haus kita hanya hilang sementara, dan tentu dampak yang akan tubuh kita terima akan jauh semakin berbahaya.

Kandungan minuman bersoda ini sangat banyak variasinya, namun biasanya akan selalu menggunakan air yang berkarbonasi atau sering bilang melarutkan karbon dioksida kedalam air. Terlarutnya karbon dioksida ini yang membuatkan rasa mengigit dan menyenangkan saat meminum minuman bersoda, dan tentu ini tidak menyehatkan. Minuman bersoda juga biasanya mengandung kandungan gula yang sangat banyak, sedikitnya mengandung 12 sendok teh gula penuh, atau menggunakan gula buatan yang jauh berdampak lebih buruk bagi tubuh.

Begitu banyak kandungan dari minuman bersoda yang tidak baik untuk tubuh, namun apa saja sih bahayanya meminum minuman bersoda ini? Berikut bahaya yang bisa diakibatkan pada tubuh jika terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda.

1. Meningkatkan Resiko Diabetes


Kandungan gula yang sangat banyak pada sebotol minuman bersoda sangat berbahaya untuk kesehatan kita. Apalagi jika terlalu sering diminum, ini bisa membuat tubuh kita rentan terkena diabetes.

2. Meningkatkan Berat Badan


Minuman bersoda mempunyai kandungan kalori dan gula yang sangat banyak. Asupan gula yang sangat besar kedalam tubuh membuat tubuh memproduksi insulin yang memicu organ hati kira mengubah semua gula berlebih ini menjadi timbunan lemak. Semakin banyak gula yang diproses menjadi lemak oleh hati akan membuat tubuh kita mengalami peningkatan berat badan.

3. Tulang Menjadi Kekurangan Kalsium


Salah satu kandungan dari minuman bersoda ini adalah asam fostat, salah satu zat yang bisa mengikat mineral-mineral penting didalam tubuh seperti kalsium, magnesium, dan seng. Asam fostat yang mengikat mineral penting tubuh ini nantinya langsung terbuang melalui urine, dan tentu ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama kekuatan tulang kita.

4. Berbahaya Untuk Jantung


Minuman bersoda mengandung kafein yang bisa membuat keadaan jantung kita menjadi berdetak tidak teratur. Kafein sangat terkenal dengan sifat ketergantungannya, dan ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan kita.

5. Merusak Gigi


Sudah sangat banyak orang yang mengetahui kalau minuman bersoda bisa membersihkan kerak maupun karat pada besi, dan sifat asam ini ternyata juga mampu merusak email gigi kita. Email gigi yang terkikis akan membahayakan keadaan gigi kita, karena gigi tidak memiliki pelindung dari kuman-kuman yang membuat gigi kita berlubang. Dan perlu diketahui gigi kita tidak mempunyai mekanisme menyembuhkan sendiri, jadi selalulah jaga kesehatan gigi kita dengan mengurangi konsumsi minuman bersoda ini.

6. Merusak Pencernaan


Minuman bersoda membuat saluran penceraan kita mengalami erosi, semakin banyak mengkonsumsi minuman bersoda ini akan membuat saluran pencernaan kita semakin tipis dan rentan sekali. Larutan karbon dioksida pada minuman ini juga bisa membuat lambung kita tidak sehat, lambung menjadi susah menghasilkan enzim yang penting untuk mencerna makanan.

7. Mengandung CO2


Minuman bersoda terbuat dari proses melarutkan karbon dioksida kedalam air, ini yang membuat minuman bersoda terasa menggigit dan menyenangkan saat diminum. Namun kandungan karbon dioksida dalam minuman ini sangat membahayakan kesehatan kita, mengingat tubuh memerlukan oksigen yang dibawa oleh darah. Dan apa yang terjadi jika tubuh mendapat asupan karbon dioksida yang banyak? Yang paling parah bisa meninggal dunia, seseorang mengkonsumsi minuman bersoda ini sebanyak 8 kaleng sekaligus dan langsung meninggal dunia ditempat karena kandungan karbon dioksida ini terlarut dalam tubuh yang disalurkan melalui darah ke semua tubuh.

8. Tubuh Menjadi Kekurangan Cairan


Minuman yang mengandung soda memiliki sifat yang cenderung diuretik. Ini membuat minuman bersoda mengikat cairan-cairan pada tubuh yang nantinya akan dikeluarkan melalui urine kita. Sangat disarankan untuk meminum air putih setelah mengkonsumsi minuman bersoda, untuk meminimalisir resiko dehidrasi pada tubuh.

9. Mengandung Aspartame


Minuman bersoda yang katanya rendah kalori ternyata mengandung gula buatan yaitu Aspartame yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Menurut penelitian Aspartame ini mampu memicu timbulnya tumor pada otak, epilepsi, bahkan Alzheimer.


Minuman bersoda mengandung banyak sekali zat-zat yang berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi. Usahakanlah mengurangi minuman bersoda bagi yang sering mengkonsumsinya, atau bahkan berhenti sama sekali meminum minuman ini. Tidak ada keuntungan satupun untuk tubuh jika kita mengkonsumsi minuman bersoda. Namun kita ternyata bisa menggunakan minuman bersoda sebagai sarana membantu membersihkan karat, noda darah, maupun memberantas hama pada tanaman.

Baca : Manfaat Minuman Bersoda Untuk Keperluan Sehari-Hari

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger