Senin, 23 Maret 2015

Cara Mengobati Sakit Mata

Cara Mengobati Sakit Mata. Sakit mata sering terjadi karena iritasi dari debu dan benda asing lainnya yang masuk ke bola mata dan membuat mata perih dan menjadi merah. Perlu diketahui jika mata kemasukan benda asing seperti debu atau pasir, membersihkannya dengan tangan bisa membuat bola mata mengalami beberapa goretan-goretan tipis karena bergesekan dengan pasir ini. Alangkah baiknya kita menggunakan obat tetes untuk membuat benda asing yang masuk ke mata ini bisa keluar terbawa oleh cairan dan air mata secara perlahan.

Namun, mata merah juga ternyata bisa terjadi karena adanya virus yang membuat mata kita iritasi. Tepatnya virus ini menyerang bagian selaput mata, dalam kedokteran sering dibilang Conjunctivitis. Banyak orang yang beranggapan mata merah karena virus ini menular melalui tatapan langsung ke mata penderita, namun ternyata penyebaran virus ini tidaklah seperti itu. Virus ini terlepas keudara, jadi penyebarannya akan tetap bisa terjadi walau penderita sakit mata ini menggunakan kacamata hitam.

Sakit Mata karena Virus
Jika sakit mata karena virus ini menyerang kita, apakah yang harus kita lakukan? Perlu diingat jika terkena sakit mata ini mata akan menjadi merah dan mata selalu mengeluarkan belekan, mata terasa pedih dan berair, mata gatal dan kelopak mata sedikit menempel ke bawah.


    Selalu Membersihkan Mata
Nantinya mata akan menghasilkan banyak sekali air mata dan belekan yang terasa lengket. Kita harus selalu membersihkan belekan dan air mata ini dengan lap yang bersih. Untuk menanggulangi debu-debu menempel pada belekan dan air mata yang bisa membuah peradangan pada mata bertambah.

   Usahakan untuk Menjauhi Tempat Berdebu
Mata yang kemasukan debu sangat susah sekali dibersihkan karena kondisi mata yang sedang mengalami peradangan ini. Alangkah baiknya jika kita menjauhi tempat-tempat berdebu sejenak.

   Konsultasikan ke Dokter Mata
Jika kondisi peradangan ini sangat parah, sangat di anjurkan untuk segera diperiksakan ke dokter. Ini untuk memberikan pertolongan secepatnya pada sakit mata ini agar cepat sembuh. Sakit mata yang terlalu lama dibiarkan dan tidak di sembuhkan bisa membuat peradangan pada mata ini menjadi semakin susah untuk disembuhkan nantinya.

   Gunakan Perawatan Alami pada Mata
Banyak sekali herbal alami di sekitar kita yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan kita dari berbagai penyakit karena kandungan yang terdapat pada herbal ini. Dan ternyata sakit mata akibat virus yang menyerang ini bisa di sembuhkan dengan herbal yang sering kita jumpai di sekitar kita, berikut beberapa herbal yang bisa mengobati sakit mata :

1. Daun Sirih


Mengobati sakit mata menggunakan daun sirih

Ternyata daun yang sering dipakai untuk mengobati luka ini bisa digunakan untuk membantu penyembuhan sakit mata. Daun sirih selain mudah dicari disekitar kita juga sangat mudah untuk diolah menjadi obat mata, berikut caranya :

 1. Cucilah 3 daun sirih yang agak besar
 2. Lalu direbus hingga mendidih
 3. Setelah mendidih, angkatlah daun sirih tadi dan biarkan airnya hingga dingin
 4. Nantinya rebusan daun sirih ini akan digunakan untuk membersihkan mata yang mengalami peradangan. Perlu diingat untuk menyaringnya terlebih dahulu agar tidak ada serpihan daun sirih yang menyangkut pada mata kita.
 5. Gunakan ini 2 kali sehari, dan usahakan sebelum tidur membersihkan mata dengan daun sirih agar lekas sembuh

2. Bawang Putih


Mengobati sakit mata menggunakan bawang putih















Bawang putih selain bisa menyembuhkan jerawat batu, ternyata bisa juga mengobati mata yang mengalami peradangan karena virus. Tanaman yang sering digunakan untuk masak, membuat tanaman ini sangat mudah dicari di rumah saat mengalami sakit mata. Berikut cara mengolah bawang putih untuk mengobati sakit mata :

 1. Bersihkan 1 siung bawang putih.
 2. Yang diperlukan adalah cairan yang membuat kita menangis saat mengiris bawang putih, tapi agar lebih mudah mengoleskannya nanti ke mata kita. Sebaiknya potong saja bagian ujung bawang putih tersebut.
 3. Nantinya bagian yang terpotong ini akan dioleskan ke kelopak mata yang bagian bawah.
 4. Biarkan mata mengeluarkan air mata yang banyak, ini untuk membersihkan mata dari virus dan membantu penyembuhan dengan air mata kita sendiri
 5. setelah air mata tidak keluar lagi, mata yang mengalami peradangan bisa dibersihkan dengan tisue secara perlahan.

3. Kentang


Mengobati sakit mata menggunakan kentang














Kentang terkenal dengan kemampuan membersihkannya. Sayur ini bahkan mampu membersihkan minyak kotor yang sudah lama kita pergunakan menjadi bersih kembali seperti baru lagi. Ternyata sifat membersihkannya ini bisa membantu membersihkan mata yang mengalami peradangan. Berikut cara mengolah kentang untuk mengobati sakit mata :

 1. Kupas 1 buah kentang
 2. Lalu potong kecil-kecil dan diblender agar mendapatkan tekstur seperti bubur
 3. Bubur kentang ini nantinya akan dibungkus menggunakan kain yang bersih
 4. Tempelkan bungkusan bubur kentang ini ke mata yang mengalami peradangan
 5. Ini akan membantu menyerap virus yang menyebabkan peradangan pada mata, biarkan bungkusan bubur kentang ini selama 15 menit
 6. Bilas mata menggunakan air hangat-hangat kuku hingga bersih

4. Patikan Kebo


Mengobati sakit mata menggunakan patikan kebo















Tumbuhan liar merambat yang terkenal karena khasiatnya ini kembali memberikan manfaat yang luar biasa. Tumbuhan yang sering dipergunakan untuk mengobati penyakit kulit dan luka bakar ini ternyata bisa membantu penyembuhan peradangan mata karena virus, dan berikut cara pengolahannya :

 1. Yang diperlukan dari tumbuhan herbal ini adalah getahnya,
 2. membutuhkan 3 tetes getah ke mata yang sakit, mungkin dari sekitar 3-4 tumbuhan herbal ini.
 3. Teteskan getah patikan kebo ini 2 kali dalam sehari

Demikian cara menghilangkan sakit mata yang diakibatkan oleh virus. Dan disarankan untuk menjaga jarak apabila ada orang yang terkena sakit mata ini disekitar anda, karena penyebarannya bukanlah melalui tatapan mata.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright © . Cara Memutihkan Wajah dan Menghilangkan Jerawat - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger